Oling River Food Banyuwangi Gelar Festival Kuliner, Pagelaran di Sepanjang Dam Sungai Bak Negeri Dongeng

- 7 April 2021, 15:46 WIB
Foto: Destinasi wisata Oling River Food.
Foto: Destinasi wisata Oling River Food. /Dicky S//Instagram/@olingriverfood

KABAR BESUKI - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara yang menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Dinas PU Pengairan Banyuwangi menggelar sebuah festival kuliner di sebuah dam sungai yang apik, Oling River Food Festival.

Festival tersebut berlangsung di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo. Sambil menikmati keindahan dan kebersihan sungai di kawasan Dam Limo, pengunjung diajak menikmati makanan khas setempat, yakni ikan sidat, yang biasa dikenal dengan oling oleh penduduk setempat.

“Saya sudah mendengar lama bahwa oling adalah salah satu ikan yang gizinya sangat luar biasa dan merupakan kesukaan masyarakat yang ada di luar negeri khususnya Taiwan, Jepang, dan Korea. Oleh karena itu, ini adalah kesempatan dan peluang yang baik bagi kita semua untuk bersama-sama memamerkan makanan khas Indonesia khususnya di Tegaldlimo,” ujar Wakil Bupati Banyuwangi, Sugirah saat membuka  Oling River Food Festival, Selasa, 6 April 2021.

Baca Juga: Hindari Kegiatan Ini, 5 Kebiasaan Sehari-hari yang Membuat Wajah Anda Terlihat Tua Sebelum Waktunya

Baca Juga: Iklim Investasi yang Sangat Kondusif di Banyuwangi KPU Memilih Gelar Rapat Koordinisasi di Kota Gandrung

Baca Juga: Dihukum Mati! WNA dan WNI Ini Kepergok Selundupkan 359 Kg Sabu

Banyuwangi sendiri dikenal sebagai daerah pengekspor sidat skala besar ke negara Jepang. Di Jepang, sidat biasa dikenal dengan Unagi.

“Warga Dam Limo mengajak wisatawan untuk merasakan sensasi menikmati Unagi dengan citarasa khas Indonesia di sebuah areal dam di pinggir sungai yang bersih," kata Sugirah.

Sugirah mengungkapkan, Dam Limo merupakan salah satu tempat ladangnya ikan untuk berkembang biak. Dia mengharapkan Dinas Pertanian dan Pangan, Dinas Perikanan, Dinas PU Pengairan, dan Dinas Lingkungan Hidup bisa bersinergi menjaga kebutuhan air dari hulu hingga hilir. 

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini

x