Novel Baswedan Soroti Korupsi dan Konflik Kepentingan di Sektor Pengelolaan SDA, Simak Penjelasannya

- 14 November 2021, 19:36 WIB
Novel Baswedan Soroti Korupsi dan Konflik Kepentingan di Sektor Pengelolaan SDA
Novel Baswedan Soroti Korupsi dan Konflik Kepentingan di Sektor Pengelolaan SDA /Tangkap Layar Twitter.com/@novelbaswedan

KABAR BESUKI - Mantan Komisioner KPK Novel Baswedan menyoroti korupsi dan konflik kepentingan di sektor pengelolaan sumber daya alam (SDA).

Novel Baswedan menyebut, salah satu bentuk korupsi dalam sektor pengelolaan SDA adalah adanya benturan kepentingan dari pihak pembuat kebijakan.

Novel Baswedan menyebut korupsi di sektor pengelolaan SDA bisa terjadi jika ada benturan kepentingan dari pembuat kebijakan yang merangkap sebagai pebisnis terkait hal tersebut.

"Dlm perspektif Korupsi, menggunakan kewenangan yg bisa membuat kebijakan atau membuat aturan, & disisi lain jg punya kepentingan bisnis/berdagang, adl koruptif. Biasa disebut benturan kepentingan. Apalagi bila ternyata mendatangkan keuntungan besar bagi ybs," kata Novel Baswedan sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari akun Twitter @nazaqistsha pada Minggu, 14 November 2021.

Baca Juga: Novel Baswedan 'Banting Setir' Buka Channel Youtube Usai Dipecat dari KPK, Bukti Hukum Tidak Pernah Buta

Novel Baswedan mengungkapkan, korupsi di sektor SDA juga terjadi jika pengusaha dan aparat terkait saling bersekongkol satu sama lain.

Padahal kata dia, eksploitasi terhadap SDA harus memperhatikan dampak lingkungan yang bisa saja terjadi.

"Korupsi disektor Sumber Daya Alam (SDA) krn persekongkolan pengusaha dgn aparatur yg bertugas menjaga/mengawasi. Eksploitasi SDA hrs antisipasi dampak lingkungan," ujarnya.

Baca Juga: Novel Baswedan Membongkar 'Sosok' di Balik Isu Taliban dan Bendera HTI di KPK: Sekarang Koruptor Semakin Aman

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: Twitter @nazaqistsha


Tags

Terkait

Terkini

x